Profil Andi Lala - Pemain Sepak Bola Indonesia

Biografi Profil Biodata Andi Lala - Pemain Sepak Bola IndonesiaAndi Lala yang lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 17 Juni 1950 dan meninggal di Jakarta, 1 November 2004 pada umur 54 tahun merupakan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Indonesia. Dia pernah membela tim nasional pada berbagai kejuaraan, termasuk SEA GAMES 1977 di Kuala Lumpur, Malaysia. Dia mengantarkan Persija menjuarai kompetisi PSSI (1972, 1975 ketika dengan PSMS dinobatkan sebagai juara bersama, dan 1977). Dia juga dipanggil Persija, saat tim ibu kota ini memenangi Piala Quoch Khan di Vietnam Selatan pada 1973. Berposisi sebagai sayap kiri. Dia meninggal dunia pada 1 November 2004 akibat serangan jantung dan dimakamkan di TPU Al Kamal, Rawa Kopi, Kedoya, Jakarta Barat.

Tokoh sepak bola dari era 1970-an dan Mantan sayap kiri tim nasional asal klub Jayakarta, H Andi Lala (54) ini menikah dengan Nina Rosina dan tinggal bersama di Jalan Panjang kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Mantan rekannya di lapangan hijau, Iswadi Idris, mengungkapkan bahwa kawannya itu adalah pribadi yang temperamental. Namun, sebagai pesepak bola, Andi merupakan sayap kiri yang punya kecepatan dan umpan akurat. ''Dia sudah seperti adik saya sendiri. Dia memang mudah marah dalam bermain, tapi sesungguhnya adalah rekan dan pemain yang sangat baik,'' paparnya.

Andi Lala seangkatan dengan antara lain Sudarno, Taufik Saleh, dan Anjas Asmara di klub Jayakarta. Dia pernah membela tim nasional pada berbagai kejuaraan, termasuk SEA Games 1977 di Kuala Lumpur, Malaysia. Menurut Iswadi, di Kuala Lumpur itu mereka punya pengalaman berharga, karena partai semifinal melawan Thailand berlangsung ricuh. Perkelahian antarpemain yang akhirnya melibatkan penonton tuan rumah terjadi. Penyebab utamanya adalah kontroversialnya kepemimpinan wasit Othman Omar asal Malaysia. Kekontroversialan itu memunculkan spekulasi adanya keterkaitan dengan kekecewaan Malaysia, yang di partai pembukaan harus mengakui keunggulan Indonesia 1-2.

Andi pernah ikut mengantar Persija menjuarai kompetisi PSSI (1972,1975 ketika dengan PSMS dinobatkan sebagai juara bersama , dan 1977). Dia juga dipanggil Persija, saat tim Ibu Kota ini memenangi Piala Quoch Khan di Vietnam Selatan pada 1973. Pada 1970-an, tim nasional memang memiliki dua kiri luar yang dikenal punya kecepatan prima. Pertama adalah Abdul Kadir, yang dibesarkan Persebaya Surabaya. Setelah pemain berjuluk Si Kancil ini tak lagi jadi pilihan, Andi Lala masuk. Dia juga mengandalkan kemampuan larinya, dan pernah mendapat julukan Kijang. Pemain ini juga dikenal jago dalam penempatan posisi saat terjadi kemelut di depan gawang.

Setelah pensiun Andi pernah bekerja pada sebuah bank milik pemerintah. Namun dia tampaknya lebih memilih meneruskan karier di dunia sepak bola. Dia pernah menangani beberapa klub di antaranya Persija, Persedikab Kediri, Persikota Kota Tangerang, Persiba Bantul, dan PS AL. Dia juga pernah menjadi arsitek tim MNA, yang dibawanya mengikuti kejuaraan antarperusahaan tingkat nasional pada akhir 1980-an. Selain aktif di sepakbola dia juga aktif di bidang keagamaan melalui Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Bahkan dia pernah menggelar turnamen sepakbola bersama organisasi itu di Stadion Lebak Bulus Jakarta. Andi meninggalkan enam anak, yaitu Nadila, Andi Rahmatullah, Andi Chaidir, Andi M Said, Andi Usman, dan Andi Ilham.