Asma Dewi Tersangka Kasus Ujaran Kebencian

Biografi Profil Biodata Asma Dewi - Tersangka Kasus Ujaran KebencianAsma Dewi adalah tersangka kasus ujaran kebencian. Asma Dewi diduga sebagai pelaku ujaran kebencian, SARA, dan penghinaan oleh polisi siber berdasarkan sejumlah posting-an di media sosial Facebook-nya. Polisi mendapatkan informasi bahwa Asma Dewi memiliki hubungan dengan kelompok Saracen.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan tersangka kasus ujaran kebencian, Asma Dewi, memiliki dua kakak yang berprofesi sebagai anggota aktif Polri. Salah satunya berkantor di Mabes Polri. "Polisi aktif kakaknya, polwan (polisi wanita) dan polki (polisi laki-laki). Yang polwan di Mabes Polri, yang laki-laki junior saya," jelas Setyo di gedung Divisi Humas, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11/9/2017).

Setyo mengatakan kedua kakak Asma Dewi dipastikan tidak terlibat perbuatan pidana adiknya. Meski demikian, polisi akan meminta keterangan kepada kakak-kakak Asma Dewi terkait kegiatan adiknya. "Tidak terlibat. Tapi pasti mereka dimintai keterangan," ujar Setyo. Asma Dewi ditangkap di kompleks Angkatan Kepolisian Republik Indonesia (AKRI), Ampera, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/9) pekan lalu. Dia ditangkap di kediaman keluarganya yang merupakan anggota kepolisian.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian memerintahkan anak buahnya untuk menangkap pihak yang memesan konten ujaran kebencian dan bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) ke grup Saracen, serta pendana kelompok tersebut. Dia memastikan, penyidik akan terus mengembangkan kasus ini agar informasi bohong alias hoax, konten ujaran kebencian, dan bernuansa SARA tidak lagi beredar di tengah masyarakat.

Apalagi disinyalir, masih ada komplotan atau sindikat lainnya yang memproduksi ujaran kebencian dan SARA melalui media sosial sebagaimana informasi dari BIN. Maka tidak heran kalau media sosial sejak kemarin diramaikan dengan penangkapan alumni 212 yang juga koordinator Tamasya Almaidah, Asma Dewi. Asma Dewi ditengarai sebagai anggota MCA, itu terungkap dari beberapa statusnya tentang MCA. Dan juga terungkap dari beberapa postingan teman-temannya.

#Lihat pula : Dodi Ihwanto Tersangka Penghina Ibu Negara