Biodata Ratna Assan Putri dari Seniman Devi Dja

Biografi Profil Biodata Ratna Assan Wikipedia IndonesiaRatna Assan merupakan anak dari pasangan Ali Hasan dan Soetidjah atau lebih populer dengan nama Dewi Dja. Lahir pada 16 Desember 1954 di Torance, California, Amerika Serikat. Darah seni Ratna Assan diturunkan oleh ibunya, seorang penari yang kerap tampil dalam film-film Holywood. Nama Ratna Assan mulai dikenal khalayak sejak ia tampil dalam film berjudul Papillon bersama Steve McQueen dan Dustin Hoffman pada 1973. Film tersebut merupakan yang termahal pada masanya, dengan dana sebesar 12 juta dollar. Dalam film Papillon, Ratna berperan sebagai Zoraima, seorang wanita Indian yang menolong Henri Charriere “Papillon” (Steve McQueen) yang merupakan seorang kriminal yang melarikan diri.

Meski namanya melejit sejak bermain dalam film Papillon dan tampil dalam majalah kenamaan, namun rupanya karirnya justru makin meredup. Seorang rekan yang mengenal Ratna sejak kecil mengatakan jika Ratna merupakan gadis yang manja. Dia bisa menari, karate dan fasih berbahasa Inggris, meski demikian dia tidak memiliki kemauan untuk menanjak ke atas. Sempat punya hidup yang kacau, Ratna menyempatkan diri untuk pulang ke tanah kelahiran orangtuanya. Ia mengaku sangat kagum dan bangga pada ibunya. Oleh karena itu, jika ada kesempatan untuk bermain film di Indonesia, dia akan mengambilnya.

Biografi Profil Biodata Ratna Assan Wikipedia IndonesiaIbunya Devi Dja terkenal dengan nama (Miss Dja) (lahir di Sentul, Yogyakarta, 1 Agustus 1914 – meninggal di Forest Lawn Memorial Park (Hollywood Hills), Los Angeles, 19 Januari 1989 pada umur 74 tahun) yang memiliki nama asli Misri dan kemudian menjadi Soetidjah, adalah seorang penari, pemain Sandiwara dan pemain film Indonesia yang terkenal di era 1940-an. Dia tergabung pada kelompok Opera Dardanella, namun pada sekitar tahun 1940 dia hijrah ke Amerika bersama suaminya Willy Klimanoff (pendiri kelompok Dardanella).

Hingga masa akhir hidupnya ia memilih berkarier di Amerika Serikat sebagai entertainer profesional dan dikuburkan di sana. Sastrawan Ramadhan KH pernah menulis tentang biografi hidupnya dalam buku yang berjudul Gelombang Hidupku: Devi Dja dari Dardanella (1982) yang diterbitkan pada tahun 1982. Devi menikah dengan seorang seniman berdarah Indian bernama Acee Blue Eagle. Namun pernikahan itu hanya berlangsung sebentar, Dia menikah lagi dengan seseorang Indonesia asal Gresik yang menetap di Amerika bernama Ali Assan. Dari Ali Assan ini Devi memperoleh satu anak perempuan yang diberi nama Ratna Assan. Tapi usia pernikahan mereka pun tak lama, akhirnya mereka bercerai.