George Peabody - Bapak Filantropi Modern

Biografi Profil Biodata George Peabody Biography Biografia Biographie - Wikipedia Bahasa IndonesiaGeorge Peabody (18 Februari 1795 - 4 November 1869) adalah seorang pemodal Amerika-Inggris yang secara luas dianggap sebagai "bapak filantropi modern." Lahir dari keluarga miskin di Massachusetts , Peabody mulai berbisnis dengan barang kering dan kemudian di bidang perbankan. Father of Modern Philanthropy

Pada tahun 1837, dia pindah ke London, kemudian menjadi ibukota keuangan dunia, di mana dia menjadi bankir Amerika yang paling terkenal dan membantu membangun kredit internasional negara muda tersebut. Tidak memiliki anak sendiri untuk siapa yang meneruskan bisnisnya, Peabody membawa Junius Spencer Morgan sebagai mitra pada tahun 1854, dan bisnis gabungan mereka akan menjadi JP Morgan & Co setelah masa pensiun Peabody pada tahun 1864.

Biografi Profil Biodata George Peabody Biography Biografia Biographie - Wikipedia Bahasa IndonesiaDi masa tuanya, Peabody memenangkan pengakuan dunia atas filantropinya. Dia mendirikan Peabody Trust di Inggris dan Peabody Institute dan George Peabody Library di Baltimore , dan bertanggung jawab atas banyak inisiatif amal lainnya. Atas kemurahan hatinya, ia dianugerahi Medali Emas Kongres dan menjadikan Freeman dari Kota London , di antara banyak penghargaan lainnya.

Meski hemat, bahkan kikir dengan karyawan dan kerabatnya, Peabody memberi dengan murah hati penyebab umum. Ia menjadi ayah dari filantropi modern yang diakui, yang telah memulai latihan kemudian diikuti oleh Johns Hopkins , Andrew Carnegie , John D. Rockefeller dan Bill Gates. Di Amerika Serikat, filantropinya sebagian besar mengambil bentuk inisiatif pendidikan. Di Inggris, bentuk penyediaan perumahan untuk orang miskin.

Di Amerika, Peabody mendirikan dan mendukung banyak institusi di New England, South, dan di tempat lain. Pada tahun 1867-68, dia mendirikan Peabody Education Fund dengan dana $ 3,5 juta untuk "mendorong pendidikan intelektual, moral, dan industri anak-anak miskin di Amerika Selatan." Keunggulannya yang paling mulia, bagaimanapun, adalah ke Baltimore; kota tempat dia mencapai kesuksesannya yang paling awal.