Biografi S.P.L. Sørensen - Kimiawan asal Denmark

Biografi Profil Biodata S.P.L. Sørensen - Kimiawan asal DenmarkSøren Peder Lauritz Sørensen (lahir di Havrebjerg, 9 Januari 1868 – meninggal di Kopenhagen, 12 Februari 1939 pada umur 71 tahun) adalah seorang kimiawan asal Denmark. Ia dikenal sebagai penemu konsep pH atau derajat keasaman untuk menentukan asam atau basanya suatu unsur atau senyawa kimia.

Dari tahun 1901 hingga 1938 Sørensen menjadi Kepala Laboratorium Carlsberg, sebuah laboratorium terkenal di Kopenhagen. Ketika bekerja di Laboratorium Carlsberg, S.P.L. Sørensen yang merupakan lulusan Universitas Kopenhagen ini mempelajari pengaruh konsentrasi ion pada protein.

Karena konsentrasi ion hidrogen sangat penting, Sørensen memperkenalkan skala pH (menggunakan notasi pH[3]) sebagai cara sederhana untuk mengekspresikannya pada tahun 1909. Pertama kali S.P.L. Sørensen memperkenalkan skala notasi pH dengan menggunakan dua metode untuk mengukur keasaman. Metode pertama didasarkan pada elektroda, sedangkan metode kedua melibatkan perbandingan warna sampel dan serangkaian indikator yang sudah dipilih sebelumnya. - S.P.L. Sørensen - Kimiawan asal Denmark