Dea Samarinda Kontes Dangdut Indonesia 2018

Biografi Profil Biodata Dea Samarinda Kontes Dangdut Indonesia 2018Dea Fadila Novita Sari kelahiran Samarinda, Kalimantan Timur, 25 September tahun 2000 adalah peserta Kontes Dangdut Indonesia 2018. Dea Samarinda yang mendapat standing aplaus dari semua juri KDI 2018 juga mendapat polling sms tertinggi untuk masuk 20 besar. Dea salah satu yang peserta yang lolos berasal dari audisi Banjarmasin. Juri Artis memberikan 15 Tiket Calon Bintang KDI 2018 pada audisi di Banjarmasin yang berlangsung 7-8 Juli di Menara Pandang Jl Tendean. Dewan Juri Artis yang terdiri dari Iis Dahlia, Selvi KDI dan Fakhrur Razi memilih mereka dari 1.512 total peserta audisi di Banjarmasin sebagai pusat audisi wilayah Kalimantan.

Penjurian Artis merupakan penjurian tahap penentuan setelah peserta lolos melewati saringan berbagai tahap seleksi audisi. Ada empat tahapan audisi yang dilakukan yakni Registrasi, Jupri, Jupra, dan Jurnal. Para peserta yang sudah lolos hingga tahapan Jurnal, akan kembali melakukan tahapan terakhir Juri Artis. Audisi KDI 2018 di Banjarmasin, merupakan rangkaian Audisi KDI yang diselenggarakan di 8 kota di Tanah Air. Sebelumnya audisi serupa di Makassar, Medan, Semarang, Palembang, Surabaya dan Bandung. Audisi penutup akan diselenggarakan di MNC Studios Tower 1, Kebun Jeruk Jakarta Barat, 14-15 Juli 2018.

Salah satu ajang yang dia ikuti adalah Dangdut Academy 2 pada 2014 di Makassar dan tahun selanjutnya ikut lagi Dangdut Academy 3. Saat itu dia mendapat golden ticket pertama saat audisi Konser Dangdut Academy (D'Academy) 3 Indosiar di Banjarmasin yang berlangsung di Hotel Mercure Banjarmasin, Senin (2/11/2015). Penyanyi berumur 16 tahun ini menerima golden tiket yang diserahkan salah satu dewan juri artis, Dewi Gita. Dea Fadilah yang berprofesi sebagai pelajar asal Samarinda mendapatkan Golden Ticket berkat lagu Si Kecil dan ABG Tua. Dea ditemani keluarganya ikut audisi jauh jauh ke Banjarmasin.

Dea kembali mengikuti Dangdut Academy 4 di tiga kota, yaitu Makassar, Semarang, dan Jakarta, mewakili Samarinda. Tapi, dia gagal lolos ke babak selanjutnya. Dea lalu mengikuti lagi ajang liga dangdut Indonesia 2017 di Balikpapan dan berhasil menjadi salah satu dari lima duta liga dangdut Indonesia wakil Kaltim. Dalam Konser Nominasi Liga Dangdut Indonesia (Lida) Indosiar, Dea yang bergaun merah menyala, menghipnotis penonton dengan lagu berjudul “Sudahlah”. Namun Dea gagal berlanjut karena menempati perolehan sms terendah sebesar 8,31 persen. Hasil akhir, Renaldi yang merupakan Duta Dangdut Kabupaten PPU tampil sebagai pemenang dengan raihan sms tertinggi sebesar 33,25 persen dan berhak melangkah ke Top 34 Lida Indosiar.