Helvanda Herman - Puteri Indonesia Sumsel

Biografi Profil Biodata Helvanda Herman Puteri Indonesia 2019 Sumatera SelatanHelvanda Herman adalah Puteri Indonesia 2019 asal Sumatera Selatan. Helvanda atau yang sering disapa Vanda merupakan gadis cantik asal Pagaralam yang terpilih menjadi Putri Indonesia Sumatera Selatan 2019. Helvanda nantinya akan mewakili Sumsel untuk maju di ajang pemilihan Putri Indonesia. Latihan public speaking, catwalk dan latihan persiapan untuk bakat. Selain itu juga melengkapi peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan saat karantina nanti. Helvanda Herman terpilih menjadi Putri Sumsel 2019. Helvada akan mewakili Sumsel diajang Puteri Indonesia pada Maret 2019.

Helvanda Herman dikutip dari instagram @sumselpatgeants, merupakan Mahasiswi Aktif Departemen Teknik Mesin dan Biosistem lnstitut Pertanian Bogor (IPB)/ Bogor Agricultural University semester enam. Terlahir sebagai putri sulung dari keluarga petani kopi di kota Pagaralam, Sumatera Selatan, membuat helvanda bertekad untuk mempelajari lebih dalam tentang dunia pertanian dengan prinsip resipokrasi pulang dan membangun daerah kembali. Sehingga setelah lulus SMA, helvanda melanjutkan jenjang S1 di IPB jalur Undangan (SNMPTN). Menjadi seorang perantau di tanah Jawa, tidak menjadi penghalang bagi helvanda untuk tetap semangat belajar dan menjadi pribadi yang mandiri. Helvanda sadar sebagai anak sulung ia harus menjadi panutan bagi ketiga adiknya. Dari Kampus ini pula terbuka peluang bagi Helvanda untuk melakukan berbagai kegiatan berbasis Sosial Edukatif sejak tahun 2017.

Kegiatan itu antara lain MANJA (madirikan Janda) lulus tingkat IPB tahun 2017 sebagai sebagai program akselerasi kemandiran ekonomi untuk para janda. JANDA (Jas Kendaraan Extra) lulus tingkat IPB 2017 dengan memanfaatkan panel surya untuk memperoleh energi dan dapat di manfaatkan sebagai charger, APES (Alat Pemotong Singkong) yang di peruntukan untuk memudahkan pedagang dalam memotong singkong. Ketiga kegiatan inilah yang memotivasi dan menghantarkan helvanda sebagai finalis Puteri Indonesia Sumsel agar dapat menjadi inspirasi bagi wanita-wanita di Indonesia khususnya dalam bidang Sosial Edukatif. Selain itu Helvanda juga ingin memajukan bidang pertanian di Indonesia khususnya Sumatera Selatan melalui studi yang ia tempuh.

#Lihat pula : Biodata Para Pemenang Puteri Indonesia 2019