Biografi Bernie Torme - Gitaris Ozzy Osbourne

Biografi Profil Biodata Bernie Torme Meninggal Gitaris Ozzy Osbourne Wikipedia Black SabbathBernie Tormé atau Bernard Joseph Tormey lahir 18 Maret 1952 dan meninggal 17 Maret 2019 adalah seorang gitaris rock Irlandia, penyanyi, penulis lagu, label rekaman dan pemilik studio rekaman. Tormé terkenal karena karyanya dengan Gillan, serta tugas singkatnya dengan band pendukung Ozzy Osbourne dan Atomic Rooster. John Michael "Ozzy " Osbourne juga dikenal sebagai The Prince of Darkness, adalah seorang vokalis, penulis lagu, aktor dan bintang reality televisi Inggris yang menjadi terkenal selama tahun 1970-an sebagai vokalis utama dari band heavy metal Black Sabbath. Tormé menerima undangan mantan vokalis Deep Purple Ian Gillan pada tahun 1979 untuk bergabung dengan band-nya Gillan . Selama empat tahun berikutnya, Gillan menikmati tiga album Top Ten UK ( Mr. Universe , Glory Road , dan Future Shock ), di samping tur ke seluruh dunia yang luas di Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat.

Pada 1981 Tormé meninggalkan Gillan, dengan alasan frustrasi atas kekurangan uang meskipun band ini sukses. Ia digantikan oleh gitaris Janick Gers . Dia bermain sebagai pemain sesi langsung untuk Atomic Rooster dan dipekerjakan pada Maret 1982 oleh Jet Records untuk menggantikan Randy Rhoads yang baru saja meninggal di band Ozzy Osbourne . Tormé terbang dari Inggris ke Los Angeles dengan janji bahwa pekerjaan itu adalah miliknya, bahkan dibayar di muka oleh Jet sebelum meninggalkan Inggris. Meskipun Osbourne telah memilih Robert Sarzo untuk menggantikan Rhoads, ia terpaksa mematuhi keputusan perusahaan rekaman dan Tormé mulai berlatih dengan band. Setelah hanya beberapa pertunjukan, menjadi jelas bahwa gaya bluesy Tormé tidak cocok untuk merek heavy metal Osbourne, dan ia memilih untuk kembali ke Inggris untuk terus mengerjakan album solo. Ia dengan cepat digantikan oleh Brad Gillis dan tur dilanjutkan.

Pada tahun 2006, Tormé mengumumkan pembentukan Guy McCoy Tormé (alias "GMT"), dengan mantan bassis Gillan John McCoy dan drummer Robin Guy. Pada 2007, Tormé menyumbangkan lead guitar dan sitar parts untuk "Smile In Denial", trek # 4 dari Yoni, sebuah album solo dari pentolan Wildhearts Ginger. Bernie sedang mempersiapkan untuk merilis album terbarunya 'Shadowland', menampilkan drummer Mik Gaffney (The Last Resort) dan Sy Morton pada bass. Album ini dijadwalkan keluar pada November 2018 setelah ketiganya berencana untuk keluar pada tur 'Final Fling' Bernie yang dimulai pada 22 November. Tormé juga mengelola label rekamannya sendiri, Retrowrek Records , dan studio rekaman, Barnroom Studios di Kent, tempat ia tinggal bersama keluarganya. Torme menampilkan dirinya di solo gitar utama untuk judul lagu "Hurricane Jane". Pada bulan Februari 2019, dilaporkan bahwa Tormé "sangat sakit dengan pneumonia ganda yang mematikan". Ia meninggal pada 17 Maret 2019, sehari sebelum ia berusia 67 tahun.