Biodata Raden Peggy Melati Purnama Dewi Sukma

Biografi Profil Biodata Peggy Melati Sukma siapa artis berinisial pmRaden Peggy Melati Purnama Dewi Sukma (lahir di Cirebon, 13 Juni 1976; umur 42 tahun) adalah bintang sinetron kebangsaan Indonesia dan merupakan janda dari Wisnu Tjandra. Putri dari Raden Ating Sukma dan Aty Latieva Attamimi ini mulai dikenal lewat perannya sebagai Iteung di sinetron Si Kabayan. Lewat perannya ini, Peggy mendapat nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik Kategori Komedi Festival Sinetron Indonesia (1997). Namanya kian melambung saat membintangi Gerhana. Bahkan lewat sinetron ini pula terkenal jargon 'Pusiiiiiiing', yang kemudian dipatenkan oleh Peggy. Berkat sinetron ini, Peggy sekali lagi masuk menjadi nominasi Artis Wanita Terfavorit Indonesia Kategori Komedi Panasonic Award (1999). Selain bermain sinetron, Peggy juga merambah dunia menyanyi dan menulis sebuah buku berjudul My Wish. Peggy juga menjadi presenter.

Peggy juga aktif di panggung bermain wayang orang di Gedung Kesenian Jakarta. Peggy berangkat ke Jerman 2006, untuk pentas di festival teater anak-anak tingkat dunia di Lingen, Jerman. Peggy menjadi bintang tamu dalam teater tanah airku pimpinan Jose Rizal Manua yang berhasil meraih medali emas. Peggy juga dikenal akan aktivitas sosialnya. Peggy ditunjuk oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan, Meutia Farida Hatta menjadi duta Indonesia untuk berbicara di PBB guna membahas UU Perlindungan Perempuan di New York, Februari-Maret 2006. Di penghujung tahun 2006, Peggy menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti 'World Art Performance' di Pakistan. Peggy ditunjuk sebagai Duta Pendidikan Kesetaraan oleh Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) pada tanggal 13 November 2006. Peggy diangkat menjadi Duta Teknologi oleh Kementerian Riset dan Teknologi.

Setelah menjalin hubungan selama bertahun-tahun dengan aktor Teuku Zacky, Peggy malah menikah dengan pengusaha, Wisnu Tjandra yang usianya 13 tahun lebih tua darinya yaitu lahir pada 29 Januari 1963, yang juga saat ini menjabat sebagai Presiden Direktur Bank Artha Graha Internasional. Akad nikah dilakukan pada 28 Januari 2007 di Kampung Cijeruk, Desa Cilada, Cigombong, Sukabumi, Jawa Barat. Belum setahun usia pernikahan mereka, keduanya dilanda isu akan bercerai, meski kabar itu akhirnya ditepis oleh Peggy. Pada 12 Oktober 2011, berkas perceraian telah dimasukkan, setelah Peggy mempertimbangkan hal ini selama 1 tahun. Hingga saat ini mereka belum dikaruniai anak. Pada tanggal 14 November 2011, Peggy Melati Sukma akhirnya menyandang status sebagai janda.

Peggy Melati Sukma, menjadi artis cantik pada era 90-an yang cukup populer. Peggy Melati Sukma terkenal sebagai pemain sinetron yang sering muncul dengan sikap centilnya sehingga hal itu menjadi ciri khas untuknya. Beberapa tahun belakangan, Peggy Melati Sukma sudah tak pernah ada gaungnya lagi. Wanita yang kini memilih untuk berhijab dan mengenakan cadar tersebut ternyata memiliki kehidupan yang cukup berbeda dari sebelumnya. Peggy Melati Sukma memilih untuk meninggalkan masa lalunya yang sempat glamor dan tak mengenal pakaian tertutup. Pada awal 2017 lalu, Peggy membuat sebuah buku yang menjadi cerita hijrahnya. Kini, Peggy Melati Sukma juga mengubah penampilanya dengan mantab menggunakan cadar. Tak hanya itu saja, kabar baru diungkap oleh Peggy dalam wawancaranya dengan wartawan pada Sabtu (27/4/2019).