Bahtiar Effendy - Ketua PP Muhammadiyah

Biografi Profil Biodata Bahtiar Effendy meninggal duniaBahtiar Effendy lahir di Ambarawa, Jawa Tengah, 10 Desember 1958, atau 60 tahun lalu. Dia kemudian menjadi santri di Pondok Pesantren Pabelan, Muntilan, Jawa Tengah. Dia menempuh pendidikan perguruan tinggi di IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Dia mengambil studi Ilmu Perbandingan Agama. Gelar sarjana sukses diraihnya pada 1986. Pendidikannya berlanjut ke Negeri Paman Sam. Dia meraih dua gelar master di Amerika Serikat. Pertama, master untuk Kajian Asia Tenggara dari Ohio University di Athens pada 1988 dan master Ilmu Politik dari Ohio State University di Columbia, pada 1991.

Gelar Ph.D dalam bidang ilmu politik juga dia raih dari Ohio University. Bahtiar ditunjuk Rektor UIN Syarif Hidayatullah saat itu, Komaruddin Hidayat, untuk menjadi dekan Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) UIN yang pertama. Fakultas itu berdiri sejak 27 Juni 2009. Bahtiar Effendy adalah Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang merupakan sosok intelektual muslim yang berwawasan luas. Kiprah Bahtiar di bidang akademik memang lintas negara. Dia adalah salah satu pendiri PPIM dan salah satu Dewan Penasihat PPIM.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bahtiar Effendy telah meninggal dunia pada dini hari tadi. Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bahtiar Effendy telah meninggal dunia pada dini hari tadi. Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy dimakamkan di TPU Lemperes Depok. Tangis pecah saat prosesi pemakaman. Pantauan detikcom di TPU Lemperes, jenazah dimakamkan sekitar pukul 12.35 WIB, Kamis (21/11/2019). Isak tangis pun terdengar ketika jasad Bahtiar dimasukkan ke liang lahat. Tak sedikit orang yang menangis saat Bahtiar dimakamkan. Ketika jenazah Bahtiar diazankan oleh keluarganya di liang lahat, beberapa kali juga terdengar tangisan. Saat jenazah Bahtiar dikebumikan, selawat terdengar.