Ki Gendeng Pamungkas - Isan Massardi atau Imam Santoso

Biografi Profil Biodata Ki Gendeng Pamungkas wikipedia meninggal Dunia
Nama Ki Gendeng Pamungkas ini cukup familier di dunia supranatural. Pria yang memiliki nama asli Imam Santoso ada yang menulis Isan Massardi ini dikenal sebagai seorang paranormal kontroversial yang sering melontarkan pernyataan-pernyataan yang mengundang polemik.

Misalnya, pada tahun 2006 ia pernah membuat pernyataan yang bagi sebagian orang tidak rasional, yaitu menyantet Presiden Amerika Serikat kala itu, George W Bush yang melakukan kunjungan ke Indonesia. Saat itu, kedatangan Bush ditolak oleh sejumlah kalangan, termasuk Ki Gendeng.

Tak hanya dikenal sebagai paranormal yang kontroversial, Ki Gendeng juga dikenal dalam kiprahnya di jalur politik. Pada tahun 2008, ia juga pernah maju sebagai calon Wali Kota Bogor periode 2008-2013 berpasangan dengan Ahmad Chusairi. 

Ki Gendeng Pamungkas menjadi tahanan polisi setelah ditangkap pada Selasa malam (9/5/2017) atas tuduhan melakukan diskriminatif ras dan etnis atau rasis. Jika terbukti bersalah, maka ia akan menjalani hukuman di penjara.

Kabar duka datang dari paranormal Ki Gendeng Pamungkas. Lama tak terdengar, pria bernama asli Isan Massardi tersebut meninggal dunia pada Sabtu (6/6/2020) sekitar pukul 15.00 di Rumah Sakit Mulia Pajajaran, Kota Bogor.

Kabar meninggalnya Ki Gendeng Pamungkas ini dibenarkan oleh Direktur RS Mulia Pajajaran, Eva Erawati. Eva menjelaskan, yang bersangkutan telah dirawat sejak Rabu, 3 Juni 2020 silam. Penyebab meninggalnya Ki Gendeng Pamungkas, imbuhnya karena komplikasi diabetes yang dideritanya.