Biodata Nate Ruess Vokalis Grup Band Fun

Biografi Profil Biodata Nate Ruess Vokalis Grup Band FunNathaniel Joseph "Nate" Ruess (lahir 26 Februari 1982) adalah seorang penyanyi, penulis lagu serta pemusik asal Amerika Serikat. Dia seorang vokalis utama dari band pop indie yaitu Fun, serta sebelumnya menjadi vokalis utama untuk band indie rock yaitu The Format. Saat tahun 2015, dia juga tampil sebagai pemusik solo.

Ruess lahir pada 26 Februari 1982 di Iowa. Dia anak bungsu di antara kedua anak dari Bess Zinger dan Larry Ruess[5][6] serta memiliki satu orang anak perempuan yang bernama Elizabeth. Pamannya yang bernama John Ruess menjadi seorang pengisi acara serta orang yang berpengaruh dalam usaha bermusik Nate Ruess.

Pada tahun 1986, keluarganya pindah ke sebuah pertanian di Glendale, Arizona dikarenakan serangan penyakit pneumonia yang berulang-ulang yang dihadapi Ruess sewaktu kecil. Selama masa sekolahnya, ia bermain dalam sebuah band punk. Kemudian sesudah lulus, ia mulai mengejar musik profesional. Pada tahun 2001 ketika ia berumur 19 tahun, ia membentuk sebuah band yang bernama The Format bersama kawan lamanya yang bernama Sam Means. The Format merupakan usaha keras musiknya yang pertama untuk meraih perhatian yang meluas.

2001-2008 The Format

Setelah dibentuk sejak tahun 2001, band ini merilis lima demo lagu yang berjudul EP yang mampu menarik perhatian lokal dan menyebabkan band ini membuat kontrak dengan Elektra Records pada tahun 2002. Band ini merilis album studio pertamanya yaitu Interventions + Lullabies, pada tanggal 21 Oktober 2003 yang kemudiannya menyebabkan lebih banyaknya puncak ketenaran lokal, dan kemudian penggemar band ini pun mulai berkembang, kemudian The Format pun merilis EP kedua mereka yaitu Snails bersama Atlantic Records bulan April 2005. Namun, selagi proses album kedua mereka yaitu Dog Problems, mereka pun keluar dari Atlantic. Mereka akhirnya menciptakan label musik mereka sendiri yaitu The Vanity Label, dan merilis album pada tanggal 10 Juli 2006. Pada tanggal 8 Februari 2008, diumumkan oleh Nate Ruess melalui blog resmi bandnya bahwa bandnya tidak akan membuat album lain lagi.

2008 - 2014: Fun

Segera setelah perpisahannya dari The Format, dia mengadakan kontak dengan Jack Antonoff anggota band Steel Train serta Andrew Dost yang sebelumnya dari band Anathallo untuk membentuk sebuah band baru bernama Fun. Mereka pun merilis demo pertamanya yaitu "Benson Hedges" melalui majalah Spin. Empat bulan setelah merilis single pertama mereka yaitu "At Least I'm Not as Sad (As I Used to Be)", melalui Myspace pada tanggal 6 April 2009, band ini merilis album studio pertamanya yang berjudul Aim and Ignite. Meskipun menerima tanggapan positif yang umum, album tersebut bukan merupakan kesuksesan komersial, menanjak pada peringkat ke-71 di Billboard 200.