Profil Biodata Gitaris Joe Satriani dan Steve Vai

Biografi Steve VaiSteve Vai mengawali dengan album debutnya Flex-Able Leftovers pada tahun 1984. Pada tahun 1990, setelah itu Steve merilis album keduanya yang berjudul P and Warfare. Pada album tersebut dia mendapat pengakuan internasional dan Steve memenangkan polling pembaca majalah Guitar Player dalam 4 kategori yang berbeda. Album Steve yang ketiga berjudul S & R dirilis tahun 1993 dan album keempatnya A L S dirilis tahun 1995. Pada tahun 1996 album kelima Steve Fire Garden dirilis.

Steve meluncurkan album keenamnya yang berjudul Ultra Zone pada Tahun 1999. Dalam album ini Steve lebih banyak berkonsentrasi dalam komposisi lagu dan bereksperimen dengan gitarnya. Tahun 2001 album The Seventh Song dirilis dan album ini berisi lagu-lagu slow/ballad yang pernah dirilis Steve dengan ditambah beberapa lagu baru. Dan di tahun 2001 Alive in an Ultra World pun dirilis. Selain itu Steve Vai juga pernah menghasilkan 2 album Natal yang berjudul Merry Axemas Vol.1 dan Merry Axemas Vol.2, juga konser G3 bersama Joe Satriani dan Eric Johnson/Kenny Wayne Shepherd dan terakhir John Petrucci turut juga bergabung dalam G3. Akhir-akhir ini ini Steve Vai lebih berkonsentrasi pada permainan gitarnya, terakhir band Steve Vai ditambah seorang pemain bass yaitu Billy Sheehan.

Data pribadi Steve Vai

Nama Lengkap             : Steven Siro Vai
Nama                           : Steve Vai
Tempat lahir                  : New York, USA
Tanggal Lahir                : 06 Juni 1960
Website                        : http://www.vai.com/
Group Band Terdahulu  : Hot Chocolate, The Ohio Express, Circus, Rayge, Bold As Love, Axis, Morning Thunder, Frank Zappa, The Out Band, The Classified, 777, Alcatrazz, David Lee Roth, Whitesnake
Gear                              : Ibanez Universe, Ibanez JEM, Bogner Ecstacy, Carvin Legacy
Endorsement                  : Ibanez, Carvin,

Biografi Joe SatrianiSiapa yang tidak kenal Joe Satriani, para pemusik tentu sudah mengenalnya terutama para gitaris, mulai dari yang amatir sampai yang pro. Joe "Satch" Satriani adalah seorang gitaris dan guru gitar, ia lahir di Westbury, New York, Amerika Serikat pada15 Juli 1956. Ia memulai kariernya sejak umur 12 tahun. Beberapa muridnya yang telah menjadi terkenal adalah Kirk Hammett dan Steve Vai. Ia terkenal ketika menaruh lagunya di Internet, dan banyak orang suka lagu yang dia mainkan.

Profil Joe Satriani

Nama lain: Satch
Genre: Instrumental rock, Jazz fusion, Hard rock
Pekerjaan: Musisi, Composer(Penulis Lagu)
Instrumen: Vokal, Gitar
Tahun aktif: 1978 - Sekarang
Label: Epic
Artis terkait: Deep Purple, G3
Instrumen khusus: Ibanez Joe Satriani Signature model

Judul album  yang pernah dirilisnya:

Not of This Earth (1986), Surfing with the Alien (1987), Dreaming #11 (1988), Flying in a Blue Dream (1989), The Extremist (1992), The Beautiful Guitar (European compilation album) (1993), Time Machine (1993), Joe Satriani (1995), G3: Live in Concert (1997), Crystal Planet (1998), Engines of Creation (2000), Additional Creations (Bonus CD with limited "Engines of Creation") (2000), Live in San Francisco (Previously recorded material) (2001), Strange Beautiful Music (2002), The Electric Joe Satriani: An Anthology (2003), G3: Rockin' in the Free World (2004), Is There Love in Space? (2004), G3: Live in Tokyo (2005), Super Colossal (2006), Gillan's Inn (Tracks 1,4,12) (2006), Professor Satchafunkilus And The Musterion Of Rock (2008).

Karirnya di bidang musik diawali dengan bekerja hanya sebagai instruktur gitar saja, diantara mantan muridnya yang telah mencapai ketenaran dengan kepiawaian gitar mereka, yaitu Timmons, Charlie Hunter, Kevin Cadogan, Alex Skolnick, Steve Vai, Larry LaLonde, Kirk Hammett, Andy. Memang Satriani telah menjadi sumber inspirasi para musisi dunia sepanjang kariernya.

Pada tur solo pertama Mick Jagger pada tahun 1988, Satriani direkrut sebagai gitaris, namun kemudian, selanjutnya pada tahun 1994, Satriani sempat direkrut sebagai gitaris untuk grup musik Deep Purple, selanjutnya sempat pula bekerjasama dengan berbagai gitaris dari beberapa genre musik, termasuk Yngwie Malmsteen, Brian May, Patrick Rondat, Andy Timmons, Paul Gilbert, Adrian Legg, Steve Vai, John Petrucci, Eric Johnson, Larry LaLonde, dan Robert Fripp melalui konser tahunan Jam Concert G3.

Icon gitar blues-rock sangat mempengaruhi Joe Satriani seperti Jimmy Page, Jimi Hendrix, Eric Clapton, Ritchie Blackmore dan Jeff Beck, namun memiliki gaya tersendiri yang tetap menjadi ciri khasnya dalam memainkan gitar. Gitar andalan sang joe satriani adalah Guitar ibanez js,beberapa solo musiknya memiliki ciri yang khas yakni dari perpaduan jazz, rock, pop rock, clasic. dan masih banyak lagi yang lainnya.