Biography George Weah - Atlet Presiden Liberia

Biografi Profil Biodata George Weah - Atlet Presiden LiberiaGeorge Manneh Oppong Ousman Weah (lahir di Monrovia, 1 Oktober 1966; umur 51 tahun) adalah seorang politikus dan mantan pemain sepak bola Liberia. Weah dilahirkan pada 1966 dari keluarga dengan 12 anak dan tumbuh di lingkungan kumuh di Monrovia. Pada tahun 1995, ia meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA, sehingga merupakan orang Afrika pertama yang meraih gelar tersebut, Pemain Terbaik Eropa, serta Pemain Terbaik Afrika.

Ia sering dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola Afrika terbaik sepanjang masa. Sepanjang kariernya, ia telah bermain di beberapa klub di Eropa, termasuk Monaco, Paris Saint Germain, dan AC Milan. Meskipun sukses di klub, ia belum pernah mencicipi ajang Piala Dunia FIFA bersama dengan tim nasional sepak bola Liberia. Sejak pensiun, Weah beralih menjadi politikus. Ia dikalahkan oleh Ellen Johnson-Sirleaf dalam pemilu presiden Liberia pada Oktober dan November 2005.

Pada tahun 2014, dia mencalonkan diri sebagai anggota Senat sebagai kandidat Kongres untuk Perubahan Demokratik di wilayah Montserrado. Dia dengan mudah terpilih sebagai Senat Liberia pada tanggal 20 Desember 2014. Weah mengalahkan Robert Sirleaf, putra Presiden Sirleaf, menjadi atlet internasional Liberia pertama yang memilih untuk mewakili sebuah county di Legislatif. Dia menang telak, menerima 99.226 suara, yang mewakili 78,0% dari total suara dari 141 tempat pemungutan suara, sementara Sirleaf, saingan terdekatnya menerima 13.692 suara, yang hampir 11% dalam pemilihan hanya dirusak oleh jumlah pemilih yang rendah.

Pada bulan April 2016, Weah mengumumkan niatnya untuk mencalonkan Presiden Liberia untuk kedua kalinya. Dia terpilih sebagai Presiden Liberia dalam pemilihan umum tahun 2017, memenangkan sebuah demonstrasi melawan Wakil Presiden Joseph Boakai. Hampir seluruh kertas suara telah dihitung, dan Weah memperoleh suara lebih dari 60% mengalahkan pesaingnya Joseph Boakai. Para pendukungnya pun mulai menggelar perayaan di ibukota Monrovia, ketika berita kemenangan Weah mulai menyebar. Weah akan menggantikan Ellen Johnson Sirleaf, presiden perempuan pertama yang terpilih secara langsung dalam pemilu demokratis pertama Liberia.