Sir William Henry Perkin Ahli Kimia Inggris

Biografi Profil Biodata Sir William Henry Perkin Kimiawan InggrisSir William Henry Perkin FRS (12 Maret 1838 - 14 Juli 1907) adalah seorang ahli kimia Inggris yang terkenal karena penemuan kebetulan dari pewarna anilin pertama: ungu ungu muda. Meski gagal dalam mencoba mensintesis kina untuk pengobatan malaria, ia menjadi sukses di bidang pewarna setelah penemuannya pada usia 18 tahun.

William Perkin melanjutkan penelitian aktif dalam kimia organik selama sisa hidupnya: dia menemukan dan memasarkan pewarna sintetis lainnya, termasuk Britannia Violet dan Perkin's Green ; Ia menemukan cara membuat kumarin , salah satu bahan baku parfum sintetis pertama, dan asam cinnamic . (Reaksi yang digunakan untuk membuat yang terakhir ini dikenal sebagai reaksi Perkin .)

Pengetahuan lokal mengatakan bahwa warna Kanal Grand Union di dekatnya berubah dari minggu ke minggu tergantung pada aktivitas di kreasi Perkin's Greenford . Pada tahun 1869, Perkin menemukan sebuah metode untuk produksi komersial dari antrasena dari pewarna merah terang alizarin, yang telah diisolasi dan diidentifikasi dari akar yang lebih gila sekitar empat puluh tahun sebelumnya pada tahun 1826 oleh ahli kimia Prancis Pierre Robiquet, bersamaan dengan purpurin, pewarna merah lainnya dari kepentingan industri yang lebih rendah, namun perusahaan kimia Jerman BASF mempatenkan proses yang sama satu hari sebelum dia melakukannya.

Selama dekade berikutnya, Kekaisaran Jerman yang baru dengan cepat melampaui Inggris sebagai pusat industri kimia Eropa. Pada tahun 1890-an, Jerman memiliki monopoli yang hampir dalam bisnis dan Perkin terpaksa menjual kepemilikan dan pensiunnya. Perkin meninggal pada tahun 1907 karena pneumonia dan komplikasi lainnya akibat usus buntu yang meledak. Dia dimakamkan di halaman Christchurch, Harrow, Inggris.