Biografi Hadi Pranoto - "Profesor Ahli Mikrobiologi"

Biografi Profil Biodata Hadi Pranoto wikipedia Profesor Ahli MikrobiologiHadi Pranoto yang mengaku telah menemukan antibodi Covid-19 menjadi viral berkat postingan di kanal video YouTube Dunia MANJI. Nama Hadi Pranoto pun ramai diperbincangkan publik usai muncul dalam kanal Youtube milik musisi Anji beberapa waktu lalu. Namun menurut Ikatan Dokter Indonesia dia bukanlah anggota IDI bahkan tak terdaftar di dalam IDI.

Dalam video yang belakangan telah dihapus itu, Hadi Pranoto yang mengklaim telah menemukan antibodi untuk menangkal penyakit Covid-19. Soal informasi yang disampaikan Hadi Pranoto di dalam video Anji itu, masyarakat tidak mudah percaya terhadap informasi yang disampaikan di luar pemerintah.

Publik diimbau menelusuri latar belakang narasumber sebelum memercayai sebuah informasi. Terlebih ada seseorang yang mengklaim menemukan antibodi penyakit Covid-19 ditengah upaya pemerintah mewujudkan vaksin. IDI mengimbau publik figur teliti membuat konten soal Covid-19 agar kampanye pencegahan penularan virus corona semakin efektif.

Sebelumnya diberitakan, video di kanal YouTube milik musisi Anji, beberapa waktu lalu, menuai kontroversi. Dalam video tersebut, Anji mewawancarai Hadi Pranoto yang mengklaim telah menemukan obat Covid-19 yang telah menyembuhkan ribuan pasien.

Belakangan, video tersebut mendapat respons negatif dari publik. Sosok Hadi Pranoto disebut tidak memiliki latar belakang akademis yang mumpuni sehingga klaim-klaimnya itu dipertanyakan. Setelah ramai diperbincangkan, YouTube lalu menghapus video wawancara Anji dengan Hadi Pranoto itu dan tidak lagi bisa diakses sejak Minggu (2/8/2020) malam.

Publik mempertanyakan sosok Hadi Pranoto yang sempat muncul dalam video di kanal YouTube milik musisi Anji. Video berjudul "Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!" di kanal YouTube dunia MANJI itu sempat menuai kontroversi. Pernyataan mengenai sosok Hadi Pranoto juga banyak ditanyakan netizen di Instagram Anji. Tak sedikit yang mempertanyakan gelar profesor dari Hadi.

Hadi Pranoto pun angkat bicara soal keraguan publik atas klaim gelar profesor yang disematkan kepadanya saat diwawancara di channel YouTube Anji. Hadi menyebut, tidak pernah secara gamblang memperkenalkan diri sebagai seorang profesor. Dia mengaku hanya sebagai Ketua Tim Riset Penanganan Covid-19 untuk Emergency Kemanusiaan. Dia juga menegaskan, dirinya bukan seorang dokter, sehingga tidak terdaftar di organisasi profesi dokter mana pun.