Biodata Pemenang Juara Pertama Indonesian Idol

Biografi Profil Biodata Para Pemenang Juara 1 Indonesian Idol musim 1-11Indonesian Idol, berjudul Special Season Indonesian Idol: A New Chapter untuk musim kesebelas, adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Pop Idol (Inggris) dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian idola di bidang tarik suara. Indonesian Idol telah menjadi acara realitas terbesar di Indonesia. Grand Final Indonesian Idol ditandai dengan digelarnya Konser Kemenangan yang diadakan setelah Result Show. Konser ini diisi oleh pemenang, runner-up, peserta-peserta Indonesian Idol lain dan sederet penyanyi-penyanyi papan atas lainnya. Konser ini diadakan saat Indonesian Idol musim ke-sepuluh. Berikut ini daftar para pemenang juara pertama Indonesian Idol di setiap musimnya: 

1. Joy Destiny Tiurma Tobing (lahir di Jakarta, 20 Maret 1980) adalah pemenang Indonesian Idol yang pertama dan juga seorang penyanyi Batak dan penyanyi religi Kristen. Sementara itu Stanislaus Alexander Liauw Delon Thamrin (lahir di Jakarta, 20 Mei 1978) adalah runner-up Indonesian Idol musim pertama (2004).

2. Michael Prabawa Mohede atau Mike Mohede (lahir 7 November 1983 – meninggal 31 Juli 2016 pada umur 32 tahun) adalah pemenang pertama Indonesian Idol 2. Mike mengikuti audisi di Jakarta, dan perjalanannya terus berlanjut hingga babak final bersama Judika Nalon Abadi Sihotang yang meraih runner-up Indonesian Idol ke-2.

3. Muhammad Ihsan Tarore (lahir di Medan, 20 Agustus 1989) sulung dari 3 bersaudara anak pasangan Kusnadi dan Endang Susilawati merupakan juara pertama Indonesian Idol musim ketiga. Ihsan adalah kontestan yang berasal dari Medan dan memenangkan kontes ini pada saat umurnya masih 17 tahun. Dearly Dave Sompie atau Dirly (lahir di Manado, Sulawesi Utara, 10 Desember 1989) adalah aktor & runner-up Indonesian Idol 3 (2006). 

4. Rinni Wulandari atau Rinni (lahir di Kota Medan, Sumatra Utara, 28 April 1990) adalah pemenang Indonesian Idol Musim ke-4 sejak pada tahun 2007. Sementara itu Wilson Simon Maiseka (lahir di Kota Ambon, 24 Agustus 1989) adalah finalis Indonesian Idol Musim Keempat 2007 yang Bersama Rini Wulandari ia maju kebabak Grand Final. Namun ia harus merelakan gelar Indonesian Idol yang keempat jatuh pada Rini.
5. Januarisman atau Aris Runtuwene yang lebih dikenal dengan nama Aris 'Idol' lahir di Jakarta, 25 Januari 1985 adalah pemenang Indonesian Idol Musim Kelima tahun 2008. Aris berprofesi sebagai seorang pengamen di kereta listrik Jabotabek dan Terminal Kampung Melayu. Sementara itu Gisella Anastasia atau yang lebih dikenal dengan nama Gisel Idol (lahir di Surabaya, 16 November 1990) adalah penyanyi yang merupakan runner-up Indonesian Idol Musim Kelima.

6. Elicohen Christellgo Pentury atau yang lebih dikenal dengan nama Igo 'Idol' (lahir di Ambon, 19 Februari 1993) adalah pemenang Indonesian Idol Musim Keenam tahun 2010 asal kota Ambon. Sementara itu Skolastika Citra Kirana Wulan (lahir di Yogyakarta, 5 Juni 1994) atau yang biasa dikenal dengan Citra Scholastika adalah seorang penyanyi, aktris, dan model finalis termuda dalam Indonesian Idol (musim keenam).

7. Regina Ivanova (lahir di Jakarta, Indonesia, 4 Desember 1985) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia yang memiliki keturunan Bulgaria-Maluku. Ia merupakan juara ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim ketujuh. Penampilan Regina pada ajang tersebut sering menjadi trending topic dunia di Twitter. Sementara itu sebagai juara 2 adalah Kamasean Yoce Matthews (lahir di Jakarta, Indonesia, 30 Juni 1995) adalah seorang penyanyi berkewarganegaraan Indonesia.

8. Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay (lahir di Wamena, 19 Desember 1987) adalah seorang penyanyi Indonesia berdarah Batak dan Papua. Ia merupakan juara ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol musim kedelapan dan terakhir pada tahun 2014. Sementara itu  Husein Alatas (lahir di Jakarta, 5 Juli 1989) adalah seorang penyanyi Indonesia yang merupakan runner-up ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol musim kedelapan pada tahun 2014.

9. Maria Dwi Permata Simorangkir atau Maria Simorangkir (lahir di Medan, 7 Oktober 2001) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Dia mulai dikenal oleh masyarakat luas setelah menjadi pemenang pada Indonesian Idol musim ke-9 yang ditayangkan di RCTI pada tahun 2018. Sementara itu Ahmad Abdullah Baladjam atau Abdul Idol (lahir di Kupang, 31 Mei 1990) adalah seorang penyanyi asal Kupang namun menetap di Bali. Ia merupakan peserta ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol yang ditayangkan di stasiun televisi RCTI pada tahun 2018 dan menjadi runner up.

10. Lyodra Margaretha Ginting (lahir di Medan, 21 Juni 2003), adalah seorang penyanyi asal Medan yang dikenal publik setelah menjadi pemenang dalam ajang menyanyi internasional Festival Sanremo Junior 2017, di kota Sanremo, Italia. Nama Lyodra semakin dikenal masyarakat atas keikutsertaannya dalam ajang pencarian bakat bernyanyi Indonesian Idol (musim kesepuluh) dan berhasil mencuri perhatian juri karena teknik whistle register (jangkauan suara manusia tertinggi di atas falsetto) miliknya, yang pada akhirnya dinobatkan menjadi pemenang pada tanggal 2 Maret 2020, menjadi pemenang termuda mengalahkan Tiara Anugrah Eka Setyo Andini (lahir di Jember, 23 September 2001), yang dikenal dengan nama panggung Tiara Andini atau Tiara Anugrah asal Jember yang merupakan runner-up dari Indonesian Idol musim kesepuluh yang ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI pada tahun 2019-2020.