Nando jadi Juara wakil Jawa Barat di Lida 2018

Biografi Profil Biodata Nando jadi Juara wakil Jawa Barat di Lida 2018Nando atau Nanda Ramdani jadi Juara sekaligus wakil Jawa Barat di Lida 2018. Penampilan Nanda Ramdani, atau yang akrab dipanggil Nando, di Konser Nominasi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) untuk Jawa Barat yang berlangsung Selasa (6/2/2018) tadi malam, sukses memikat hati penonton juga para dewan dangdut, terutama Rita Sugiarto. Rita Sugiarto, Soimah, Inul Daratista, Iyeth Bustami, Nassar, dan Samuel Wattimena bahkan sampai tak ragu memberikan tepukan berdiri atau standing ovation atas aksi spektakulernya. Membawakan lagu "Oleh-Oleh", Nando dipuji karena tampil nyaris tanpa cela.

Penampilan Nando pun langsung dikomentari sang empunya lagu yang kebetulan jadi salah satu dewan dangdut LIDA, Rita Sugiarto. Bunda Rita, demikian ia akrab disapa, memuji vokal Nando dengan falsetto yang disebutnya sempurna. Bunda Rita yang tampak penasaran lalu menanyakan alasan Nando memilih lagu "Oleh-Oleh". Namun, jawaban Nando malah membuat Bunda Rita dan semuanya terkejut. “Karena (lagu ini) ciptaan Bapakke,” kata Nando dengan malu-malu dan logat Jawa yang cukup kental. Tak disangka, ayah Nando ternyata adalah Nanang Suwito yang tak lain pencipta lagu "Oleh-Oleh" itu sendiri. Kebetulan, sang ayah pun hadir di Studio 6 Indosiar untuk menyaksikan aksi putranya yang baru berusia 19 tahun tersebut. Bunda Rita lalu mengingat bagaimana ia bisa menyanyikan lagu yang akhirnya jadi sangat populer di kancah dangdut itu.



Dangdut Indonesia (LIDA) berlanjut ke provinsi Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (6/2). Lima duta dari Jawa Barat ini yakni Nando, Ezza, Irpan, Niwang, dan Intan. Lima duta dari provinsi Jabar tersebut akan bersaing untuk menjadi juara Jabar dan berebut 1 tiket ke babak final. Peserta dengan polling SMS tertinggi akan menjadi juara Jabar dan berhak mewakili Jawa Barat untuk bersaing dengan 33 duta dari provinsi lainnya di seluruh Indonesia. Pada konser Nominasi LIDA Jabar tadi malam, Intan membawakan lagu “Jangan Buang Waktuku” yang mendapat standing ovation dari dewan dangdut. Sedangkan Ezza juga mendapatkan standing ovation dari 4 dewan dangdut dengan lagu “Dia-Dia”

Penampilan Nando dengan lagu “oleh-Oleh” sangat memukau hingga mendapat standing ovation dari 6 dewan dangdut. Sementara itu Irpan dengan lagu “Perjuangan dan Doa” sukses membuat dua dewan dangdut standing ovation. Hal yang sama di dapat oleh Niwang dengan lagu “Ikhlas” yang juga mendapat standing ovation dari dewan dangdut. Dari hasil SMS LIDA Jabar tersebut, Intan mendapatkan hasil terendah yakni 10,73%, Niwang di posisi ke 4 dengan 16,75%, Irapn dengan 21,6% di posisi ketiga dan Ezza di posisi kedua dengan 23,34%. Perolehan SMS tertinggi didapat oleh Nando dengan 27,58% sehingga Nando menjadi juara Jabar dan berhak mewakili Jawa Barat untuk bersaing dengan 33 duta dari provinsi lainnya.