Sari Darmarani, penyelam profesional yang bertugas mengendalikan perangkat ROV (Remotely Operated Vehicle). Kapal Geosurvey merapat di Dermaga 002, Inggom Jetty, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (16/1). Lebih dari dua pekan kapal itu terlibat misi pencarian dan penyelamatan AirAsia QZ8501 yang jatuh di sekitar Selat Karimata. Kapal tersebut sangat berperan karena mengusung piranti ROV, sebuah robot yang berfungsi seperti kapal selam otomatis.
Piranti ROV di Geosurvey itulah yang beberapa kali membantu tim gabungan Basarnas mendeteksi bagian-bagian pesawat AirAsia di dasar laut. Orang yang mengoperasikan alat itu biasa disebut pilot. Di Geosurvey, ada seorang pilot perempuan yang bertugas mengoperasikan alat canggih tersebut. Dialah Sari Darmarani. Siang itu, raut lelah tergores di wajah Sari. Namun, di antara muka letih itu, terselip pula rasa plong yang tidak bisa disembunyikan. Sebab, misi SAR pertama dengan tantangan yang cukup berat akhirnya berhasil dijalani Sari bersama timnya.
Keterlibatan Sari dalam misi itu memang cukup mendadak. Dia bahkan tidak sempat membawa telepon satelit yang selama ini dibawa saat mengerjakan proyek penelitian lepas pantai. Di tengah menghapus kerinduan kepada suami dan tiga anaknya, Sari menyempatkan berbagi pengalaman selama terlibat dalam operasi SAR AirAsia. Sebelumnya, dia tidak menyangka akan terlibat misi tersebut. Tanpa disangka, Selasa pagi (30/1), tiba-tiba ponsel Sari berdering. PT Advanced Offshore Services (AOS) tempat Sari bekerja freelance memintanya menyiapkan ROV untuk dilibatkan dalam misi SAR AirAsia.
Mendapat tugas itu, perasaan Sari campur aduk antara tertantang dan khawatir gagal. Sebab, dari informasi yang diperoleh, cuaca di lokasi kejadian sangat tidak bersahabat. Ombak hebat kerap menerjang. Informasi yang diterima Sari waktu itu, cuaca buruk terjadi di sekitar Selat Karimata hingga 6 Januari. Bahkan, kapal nelayan dilarang melaut karena ketinggian ombak mencapai 2,5 meter. Rasa tertantang itulah yang membuat kaki Sari akhirnya langsung melangkah ke workshop PT AOS di kawasan Srengseng, Ciganjur, Jakarta, untuk menyiapkan ROV. Semalam suntuk dia dan seorang teknisi bernama Hendra Setiawan menyiapkan robot bawah laut itu. Sari dan Hendra sampai tidak tidur karena pukul 05.00 WIB harus sudah ke Tanjung Priok.
Menurut Sari, itu adalah proses mobilisasi ROV tercepat yang pernah mereka lakukan. Bahkan mungkin untuk semua pilot ROV di Indonesia. Sesampai di Tanjung Priok, dia masih bingung dengan proyek kemanusiaan tersebut. Misi yang diemban Sari dan tim di kapal Geosurvey waktu itu adalah mencari bagian pesawat. Sebab, saat Geosurvey berangkat untuk bergabung dalam tim gabungan Basarnas, yang ditemukan baru beberapa jenazah yang mengambang di laut. Awalnya, Geosurvey menargetkan bergabung dalam misi itu selama tujuh hari. Namun, ternyata operasi molor hingga total 17 hari. Meski molor, Sari menyebut waktu 17 hari itu terbilang efisien untuk operasi pencarian pesawat yang hilang.
Dari penemuan ekor itulah, akhirnya bisa dilacak dan didapatkan radius terpisahnya flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR). Dua perangkat tersebut merupakan peranti penting dalam kotak hitam, benda paling dicari dalam investigasi kecelakaan pesawat. Selama 17 hari bekerja dalam tim pencarian, Sari terus kepikiran keluarga korban. Dia khawatir upayanya bersama tim tidak sesuai dengan harapan keluarga korban. Untungnya, selama proses itu, Sari dan tim juga berhasil menemukan dan mengevakuasi jenazah. Saat itu, pada hari pencarian ke-13, Geosurvey berhasil menemukan dan mengevakuasi dua jenazah yang masih terlilit di kursi penumpang.
Penemuan itu cukup menyayat hati. Sebab, salah satu jenazah masih mengenakan gendongan bayi. Belakangan, dari hasil identifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI), dua jenazah itu merupakan suami istri asal Korea, Seong Beom-park (37) dan Kyung Hwa-lee, 34. Saat berangkat dari Surabaya menuju Singapura, pasangan itu membawa bayinya yang masih berusia 11 bulan. Terlepas dari perasaan ngeri, kata Sari, dirinya sangat terharu melihat dua jenazah tersebut. Selama menjalankan misi pencarian, lawan terberat yang harus dihadapi tim di kapal Geosurvey adalah cuaca. Tingginya ombak yang bisa mencapai 5 meter membuat barang-barang di kapal mudah berpindah dan saling bertabrakan.
Molornya misi pencarian juga meninggalkan cerita-cerita seru bagi Sari. Logistik yang dipersiapkan timnya waktu itu sempat habis karena jatahnya hanya untuk tujuh hari. Untungnya, mereka mendapat suplai beberapa logistik dari helikopter. Mulai air bersih dan makanan. - jpnn