Biodata 8 Besar Calon Pimpinan Ketua KPK

Biografi Profil Biodata 8 Besar Calon Pimpinan Ketua KPKPanitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi memastikan tak ada tersangka dalam delapan orang yang akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. Nama itu disepakati pada Jumat malam, 28 Agustus 2015.

Juru bicara Panitia Seleksi, Betti Alisjahbana, mengakui memang sempat meminta rekomendasi kepada Badan Reserse Kriminal Polri saat jumlah calon masih 19 orang. "Kami mengirimkan surat ke Bareskrim untuk penelusuran yang lebih dalam, dan kami mendapat catatan tentang beberapa nama," kata Betti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 29 Agustus 2015.

Betti mengakui adanya penundaan penyerahan delapan nama kepada Jokowi. Jika berdasarkan jadwal awal, panitia seharusnya menyerahkannya pada 31 Agustus 2015. "Namun, pada tanggal itu, jadwal Presiden sudah penuh, jadi rencananya kami melaporkan pada 2 September."‎

Penundaan itu, kata Betti, tidak akan mengganggu proses seleksi selanjutnya. Alasannya, Presiden masih memiliki waktu sekitar dua pekan untuk menimbang usulan dari Panitia Seleksi. Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso mengatakan dari 48 nama calon pimpinan KPK ada satu nama yang sudah menjadi tersangka.

Penetapan tersangka itu merupakan hasil pengembangan. Soal kasusnya, Budi Waseso enggan menjelaskannya lebih jauh. Yang terpenting, kata Budi Waseso, pihaknya sudah merekomendasikan hal tersebut ke Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK. "Masih jalan terus ya, sekarang sudah diperiksa beberapa saksi tambahan," katanya.