Profil Biodata Haris Azhar - Koordinator Kontras

Biografi Profil Biodata Haris Azhar Wikipedia - Koordinator KontrasHaris Azhar telah bekerja untuk KontraS, sebuah LSM hak asasi manusia berskala nasional yang berbasis di Jakarta, sejak tahun 1999. Dia mulai sebagai seorang relawan untuk Divisi Advokasi dan melanjutkan sebagai anggota staf Biro Pengawasan & Penelitian sebelum pergi untuk menjadi Kepala Dokumentasi Biro Riset, Kepala Riset, Investigasi dan Database Biro, dan kemudian Wakil Koordinator KontraS sebelum menjadi Koordinator tahun 2010.

Haris meraih gelar Bachelor of Laws dari Universitas Trisakti pada tahun 1999, dan Master of Art (MA) dalam Teori dan Praktek Hak Asasi Manusia, University Inggris pada tahun 2010. Dia juga belajar gelar Magister dalam bidang Filsafat dari Universitas Indonesia 2000-2003. Dia juga memegang Diploma Keadilan Transisi setelah menyelesaikan Fellowship Program di Pusat Internasional Keadilan Transisi di Cape Town / New York. Haris memiliki pengalaman, minat dan keahlian tentang hak asasi manusia Indonesia dan hukum konstitusi, reformasi sektor keamanan, LSM pemerintahan, keadilan transisional, resolusi konflik, dan hubungan ASEAN. Karyanya dalam hak asasi manusia meliputi litigasi, misi pencarian fakta, analisis, penelitian dan kerja kasus.

Biografi Profil Biodata Haris Azhar Wikipedia - Koordinator KontrasHaris Azhar Koordinator KontraS dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa KontraS mencapai rencana strategis yang untuk berkontribusi dan membangun komunitas hak asasi manusia di Indonesia melalui tiga pilar: 1) dengan membangun kesadaran untuk akuntabilitas negara, terutama pada isu hak asasi manusia tertentu seperti mencari keadilan dan kebenaran bagi pelanggaran di masa lalu, 2) perlindungan minoritas dan pembela hak asasi manusia, akuntabilitas peradilan kebebasan sipil, advokasi pada daerah konflik (post) ditambah advokasi, dan 3) untuk membangun keterlibatan yang lebih luas dengan entitas sosial yang beragam dan jaringan .

Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan atau disingkat KontraS (bahasa Inggris: The Commission for Disappeared and Victims of Violence) adalah sebuah gugus tugas yang dibentuk oleh sejumlah LSM seperti LPHAM, ELSAM, CPSM, PIPHAM, AJI dan sebuah organisasi mahasiswa PMII. KontraS dibentuk pada tanggal 20 Maret 1998. Gugus tugas ini semula bernama KIP-HAM yang telah terbentuk pada tahun 1996. Sebagai sebuah komisi yang bekerja memantau persoalan HAM, KIP-HAM banyak mendapat pengaduan dan masukan dari masyarakat, baik masyarakat korban maupun masyarakat yang berani menyampaikan aspirasinya tentang problem HAM yang terjadi di daerah.

Dalam perjalanannya KontraS tidak hanya menangani masalah penculikan dan penghilangan orang secara paksa tapi juga diminta oleh masyarakat korban untuk menangani berbagai bentuk kekerasan yang terjadi baik secara vertikal di Aceh, Papua, Peristiwa Tanjung Priok dan Timor Timur maupun secara horizontal seperti di Maluku, Sambas, Sampit dan Poso. Selanjutnya, KontraS berkembang menjadi organisasi yang independen dan banyak berpartisipasi dalam membongkar praktik kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia sebagai akibat dari penyalahgunaan kekuasaan. Koordinator Badan Pekerja KontraS sekarang adalah Haris Azhar menggantikan Ketua Presidium KontraS Ori Rahman yang menggantikan Munir yang terbunuh pada 7 September 2004.