Bambang Tri Mulyono dan Buku Jokowi Undercover

Biografi Profil Biodata Bambang Tri Mulyono - Penulis Buku Jokowi UndercoverBambang Tri Mulyono asal Blora adalah penulis buku "Jokowi Undercover" yang ditahan penyidik Bareskrim Polri. Ia menjalani pemeriksaan di Polsek Tunjungan, Jawa Tengah pada Jumat 30 Desember 2016. Bambang Tri dijerat dengan Pasal 16 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang diskriminasi ras dan etnis dan Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Polisi Rikwanto mengungkapkan, buku Jokowi Undercover hanya berisi sangkaan dari Bambang Tri saja. Atas perbuatannya, Bambang Tri dijerat dengan Pasal 16 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang diskriminasi ras dan etnis dan Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Ia pun telah diamankan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya.

Bambang Tri Mulyono, pengarang buku berjudul 'Jokowi Undercover' melacak jejak sang pemalsu jatidiri, Prolog Revolusi Kembali ke UUD 45 Naskah Asli menyatakan meski dituding memfitnah Jokowi dalam bukunya sebagai keturunan anak PKI bersikukuh jika bukunya dibuat berdasarkan riset. Dia menceritakan jika proses pembuatan bukunya itu diawali pada tanggal 3 Desember 2014 menemukan foto, Widjiatno seorang pria yang wajahnya mirip dengan Jokowi di sebuah situs internet. Foto bertahun 1955 yang dijadikanya sebagai foto cover buku Jokowi Undercover itu menggambarkan pria mirip Presiden Jokowi itu mengawal tokoh PKI Aidit. Widjiatno itulah yang dianggapnya sebagai ayah kandung Jokowi.

Bambang Tri mengaku akibat tulisan itu dirinya sempat dicurigai bahwa dirinya orangnya Prabowo yang kebetulan saat menemukan foto pria mirip Jokowi mengawal Aidit itu menjelang Pilpres 2014. Bambang Tri juga mengaku menemukan kejanggalan pada foto pertunangan Jokowi. Dirinya tidak ingin masuk dan terjebak pada isu itu (Pilpres). Lalu memulai memperdalam riset dan menemukan foto pertunangan Jokowi dengan istrinya Iriyana yang menurutnya palsu. Di foto itu, seolah-olah dibuat Jokowi adalah anak kandung Sujiatmi. Padahal Jokowi menurut buku Bambang Tri adalah anak kandung seorang wanita Cina Yap Mei Hwa dari pernikahanya bersama Widjiatno, pengawal tokoh PKI Aidit. Di dalam foto, ibu kandung Jokowi Yap Mei Hwa wajahnya diganti dengan foto wajah Sujiatmi.

Bambang Tri juga menemukan dokumen saat Jokowi mendaftarkan diri ke KPU sebelum dirinya menjadi Calon Presiden (Capres) dan memenangkan pertarungan Pilpres 2014 yang didampingi oleh wakilnya Jusuf Kalla. Saat itu Jokowi bertarung dengan Capres Prabowo Subianto. Selain itu, kejanggalan yang terjadi saat dirinya usai menulis buku Jokowi Undercover ini dirinya ditelepon beberapa orang-orang yang menyatakan kepadanya jika buku yang dia tulis mengandung unsure kebenaran. Bambang Tri juga mengungkapkan, jika dalam buku Jokowi Undercover ini, dirinya secara lugas dan tegas menjelaskan jika Almarhum Presiden Soeharto bukanlah sebagai antek-antek atau dalang terjadinya PKI. Dia merasa jika fakta yang ditemukanya selama menyusun buku Jokowi Undercover ini harus disampaikan kepada masyarakat.